Read more: http://mas-andes.blogspot.com/2012/11/menggabungkan-3-kotak-komentar-blogger.html#ixzz2idL4sZne Dukung GO GREEN, Ibu-Ibu BMP Rintis Taman PKK - PKK PERUM BMP RW 023

-

-

11.33
0
Untuk mendukung program penyelamatan bumi yang tengah ramai dikampanyekan saat ini yaitu dengan penanaman pohon atau tumbuh-tumbuhan, meski masih berskala lingkungan kecil seperti RW, ibu-ibu BMP sepakat untuk berkontribusi dengan membuat taman PKK. Areal untuk taman tersebut dipilih di halaman posyandu, karena hal ini juga sejalan dengan fungsi Posyandu yaitu sebagai pusat pelayanan kesehatan yang terdapat di lingkungan RW. 

Sebelum dibersihkan
Rencana pembuatan taman ini dimulai pada awal September, yang diawali dengan pembersihan lahan yang selama ini telah dipenuhi oleh semak belukar dan rumput-rumput liar. Selama bulan September dilakukan pembersihan lahan sehingga seluruh area lahan bersih dari rumput liar. Proses penanaman tumbuhan dimulai pada bulan Oktober. 



Setelah dibersihkan
Dalam arisan bulanan PKK RW bulan Oktober telah disepakati beberapa hal yang berkaitan dengan pembuatan taman PKK tersebut antara lain jadwal seluruh ibu-ibu anggota arisan turun ke lahan adalah 2x sebulan, yaitu tepatnya hari Minggu pada minggu pertama dan ketiga setiap bulannya sehabis senam pagi bersama. Kemudian sumber tanaman yang akan ditanam adalah partisipasi dari seluruh anggota arisan dimana satu orang membawa satu tanaman yang dibagi menjadi tanaman bunga, tanaman obat dan tanaman buah.

Kemudian untuk proses penanaman dan pemeliharaan, anggota arisan dibagi tiga kelompok yaitu kelompok TOGA, kelompok buah dan kelompok bunga. Masing-masing anggota kelompok bertanggung jawab atas tanamannya, mulai dari penanaman hingga pemeliharaan. Dan sebagai penanggung jawab keseluruhan adalah Ketua Posyandu, yang bertugas memonitor progress penanaman dan pemeliharaan taman tersebut.


Ketue Posyandu kite :D


Hati-hati bu :D



Gotong royong penanaman taman
Saat ini masih satu bulan berjalan, taman PKK RW 023 Perumahan BMP masih seumur jagung dan masih memerlukan banyak pembenahan, baik untuk pemeliharaan maupun variasi tanaman yang akan ditanam. Insya Allah dengan kerja sama yang solid dari seluruh ibu-ibu secara berkelanjutan diharapkan dapat mewujudkan suatu taman PKK yang diimpikan bersama, dapat menjadi taman bunga yang sedap dipandang mata, apotik hidup hingga sumber keperluan dapur sehari-hari. Aamin.

Semoga kompak selalu, aaminn



0 komentar:

Posting Komentar